Text
Strategi pembelajaran Teori musik dasar I di Prodi Sendratasik (seni musik) Universitas Negeri Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen Teori Musik Dasar (TMD) dalam dua tahun terakhir. Metode Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif evaluatif yang berfokus pada objek yang diteliti yaitu Strategi pembejalaran TMD I di Prodi Sendratasik, Jurusan Seni Musik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian kualitatif deskriptif evaluatif digunakan untuk mengetahui gambaran tentang strategi yang digunakan dalam pembelajaran TMD. Setelah melakukan pengamatan data yang diperoleh dapat dijadikan bahan untuk evaluasi bagi dosen yang bersangkutan untuk mengurangi tingkat mahasiswa yang belum lulus di Prodi Sendratasik, UNJ. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-Desember 2017 di Prodi Sendratasik, UNJ. Kesahihan data menggunakan triangulasi yang diartikan sebagai pengecekan metode, teori, data dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dosen yang bersangkutan menggunakan beberapa strategi pembelajaran, meliputi strategi penerimaan, strategi penguasaan, dan strategi penemuan.
The Purpose of this Research is to describe and evaluate the learning strategy used by college teacher of Basic Music Theory (TMD) in the last two years. Research Method using evaluative descriptive qualitative research method which focuses on the object under study is TMD I learning strategy in The Sendratasik Study Program, Majoring in Music Art, State University of Jakarta. Evaluative descriptive qualitative research use to knowing the image about strategy which use in TMD learning. After observing the data obtained can be use as evaluation material for college teacher which concerned to reduce level of undergraduate students in Sendratasik Study Program, UNJ. The research was conducted in August-December 2017 in Sendratasik Study Program, UNJ. Validity of data using triangulasi which interpreted as method checker, theory, data from any source. Result of this Research revealed that college teacher which concerned used a few learning strategy, including acceptance strategy, mastery strategy, and discover strategy.
SS00016312 | SK 16312 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain