Text
Analisis motif lagu Jali-jali dan Kicir-kicir dalam Rapsodia Nusantara no.1 karya Ananda Sukarlan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan motif, Bentuk dan StrukturdalamRapsodia Nusantara No. 1 Karya Ananda Sukarlan. Objek penelitian difokuskan pada bentuk dan struktur ditinjau dari Pengembangan Motif yang terdapat dalam Rapsodia Nusantara No. 1 Karya Ananda Sukarlan. Penelitian dilaksanakan dari bulan Agustus 2017 – Januari 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan musikologi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis motif lagu Jali-Jali dan Kicir-Kicir yang terdapat dalam Rapsodia Nusantara No.1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rapsodia Nusantara No. 1 Karya Ananda Sukarlan memiliki bentuk bebas(free-form). Setiap birama motif KicirKicir dan Jali-Jali selalu dimunculkan. Motif awal hanya dua, yaitu Kicir-Kicir dan Jali-Jali, kemudian motif tersebut dikembangkan menjadi lima motif dalam karya ini yang mewakili kontras dari tiap bagian, kemudian dari motif di tiap bagian dikembangkan kembali dengan manipulasi inversi, pengecilan dan pembesaran interval dan nilai, sekuen, fragmentasi, canon, total semua pengembangan berjumlah 23 motif.Polamelodi, ornamentasi, dantangga nada pentatonik yang terdapatdalam motif Jali-Jali dan Kicir-Kicir membawa sentuhan imajinasi tradisi dalam karya ini
The purpose of this research is to know the development of motive, form and structure of Rapsodia nusantara no. 1 by Ananda Sukarlan. The object of research is focused on the form and structure in terms of the development of motives in Rapsodia Nusantara. 1 by Ananda Sukarlan. The research was conducted from August 2017 - January 2018.
This research method using qualitative method with musicology approach. This research was conducted by analyzing the motif of Jali-Jali and Kicir-kicir songs contained in Rapsodia Nusantara No.1.
The results of this study indicate that Rapsodia nusantara no. 1 Ananda Sukarlan's work has a free-form. Every part of Kicir-kicir and Jali-Jali motives is always appear. The first motives is only two, it is Kicir-kicir and Jali-Jali, then the motif is developed into five motive in this work that represent the contrast of each part, then from the motif in each part is re-developed with the inversion manipulation, the reduction and augmentation interval and value, sequences, fragmentation, canon, the total of all the development amounted to 23 motives. Patterns of melody, ornamentation, and pentatonic scale contained in the Jali-Jali and Kicir-Kicir motive bring a touch of traditional imagination in this work.
SS00016310 | SK 16310 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain