Text
Pengaruh musik iringan tari dalam media realita dan audio recorder terhadap hasil kreativitas mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil kreativitas pengembangan gerak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik angkatan 2016 melalui pemberian media Realia dan Audio Recorder. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan variabel bebas Media Realia (XA₁), Media Audio Recorder (XA2), dan variabel terikat adalah hasil kreativitas gerak (Y). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen, dan pengambilan sampel dengan teknik uji kemampuan kreativitas yang populasinya berjumlah 46 mahasiswa dengan sampel 24 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen penelitian berupa observasi dengan tes keterampilan melakukan gerak dengan pemberian media dan penelitian menggunakan uji F dan uji Q dengan uji prasyarat hipotesis. Hasil analisis data penelitian ini adanya perbedaan hasil kreativitas pengembangan gerak mahasiswa dengan media realia dan media audio recorder. Nilai rata-rata hasil kreativitas dengan media realia sebesar 46,5 sedangkan nilai rata-rata hasil kreativitas dengan media audio recorder sebesar 38,5.Sehingga disimpulkan bahwa hasil kreativitas gerak dengan media realia memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan dengan hasil kreativitas gerak dengan media audio recorder. Hal tersebut didukung dari perhitungan pengujian statistik dengan menggunakan uji anava (F) dan didapat Fhitung >Ftabel (67,87 > 4,30) maka H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa hasil kreativitas gerak melalui media realia dan media audio recorder memiliki perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Kreativitas Gerak, Media Realia, Media Audio recorder
This study was conducted to find the difference of kinesthetic creativity result of Sendratasik Study Program Students in 2016 through Reality Media and Audio Record Media. This study was conducted at Sendratasik Study Program in State University of Jakarta. The method used in this study is quantitative method with Reality Media (XA₁) and Audio Record Media (XA2) as the independent variables, and Kinesthetic Creativity Result (Y) as the dependent variable. Experimental approach and Skill Test were used to conduct this study. The subjects of this study were 24 of 46 students. The data of the research were collected through observations by body movement test with stimulus. The data were analyzed through F test and Q test by Hypothesis Testing. The result of the data analysis shows the differences of students’ kinesthetic creativity through Reality Media and Audio Record Media. The mean of creativity result through Reality Media was 46.5 while the mean of creativity result through dance Audio Record Media was 38.5. It can be concluded that the result of Reality Media was higher than dance Audio Record Media. This result was supported by anova statistical test (F) that Fcalculation >Ftable (67,87 > 4,30) then H0 was rejected. It can be concluded that there was a significant difference between the result of Reality Media and Audio Record Media. Keyword: Kinesthetic Creativity, Reality Media, Audio Record Media
SS00016309 | SK 16309 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain