Text
Penerapan permainan kecil untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor : penelitian tindakan pada anak usia 4 sampe 6 tahun ruang publik terpadu Ramah Anak Citra Permata Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor dengan penerapan permainan kecil pada anak usia 4-6 tahun ruang publik terpadu rumah anak (RPTRA)citra pertama jakarta timur. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan pengambilan data Kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang pendidikan jasmani sebagai kolaborator. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Pelaksanaan siklus I belum memenuhi kriteria sehingga dilanjutkan ke siklus II
Hasil dari penelitian asesmen awal kemampuan gerak dasar lokomotor anak yang terdiri dari 20 orang dengan jumlah nilai rata-rata 60% mencapai kreteria sangat kurang dan nilai rata-rata 0% mencapai kreteria sangat baik.
Hasil dari penelitian asesmen siklus I kemampuan gerak dasar lokomotor anak yang terdiri dari 20 orang dengan jumlah nilai rata-rata 50% mencapai kreteria sangat kurang dan nilai rata-rata 10% mencapai kreteria sangat baik, sehingga belum sesuai dengan target penelitian dan dilakukan dengan tindakan siklus II.
Hasil dari penelitian asesmen siklus II kemempun gerak dasar lokomotor anak yang terdiri dari 20 orang dengan jumlah nilai rata-rata 0% mencapai kreteria sangat kurang dan nilai rata-rata 100% mencapai kreteria sangat baik, target pencapaian sudah sesuai dengan harapan peneliti, sehingga peneliti mengakhiri di siklus II.
Berdasarkan hasil yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Permainan Kecil Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata Jakarta Timur) dapat meningkatkan gerak dasar pada anak.
This study aims to improve locomotor base motion with small game implementation in children age 4 years integrated public hous space (RPTRA) first image of east Jakarta. The research used is methodaction research with qualitative and quantitative data, the implementation of this action research involves the expert in the field of physical education as a collaborator. This pene is done in 2 cycles, each cycle consist of 4 meetings. Implementation of cycles I has not fullfiled the criteria so that is continued to the cycle II. The results of initial assessment of locomotor base motion capability of childrencinsisting of 20 people with a mean score 60% reaches very less criteria and 0% average score reaches very good criteria.
Result from the research assessment of the cycles 1 ability of locomotor motion of children who and 20 people with the average value of 50% reaching criteria is very less and the average value of 10% reaches very good criteria. So it has not been in accordance with the research target and done with the cycle II.
The results of the second collaboration assessment study of childrens motion and the 20 children with the average score reaching the criteria are very less. And the average score 100% reached the criteria both target achievement is in line with the existing of the pens so that pend II.
Based on the existing so it can be cpnclude that the determination and of acting game of conducting condo at children 4 years until 6 years of friendly children public space ( RPTRA) Citra Permata East Jakarta
SS00016474 | SK 16474 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain