Text
Pengaruh penggunaan bumbu tradisional pada Chicken wing frozen terhadap daya terima konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bumbu tradisional pada chicken wing frozen terhadap daya terima konsumen, yang meliputi penilaian aspek warna, rasa, aroma dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di laboratorium pengolahan makanan Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan mulai bulan November 2017 sampai Januari 2018. Penelitian ini dinilai menggunakan uji organoleptik yang diujikan kepada 30 panelis agak terlatih, yaitu mahasiswa Tata Boga di Universitas Negeri Jakarta. Hasil uji hedonik menunjukankan nilai rata-rata tertinggi daya terima konsumen adalah pada ayam kuning, ayam kalasan nilai aspek tersebut 4,10 aspek warna, 4,33 aspek rasa, 4,40 aspek aroma, 4,50 aspek tekstur. Nilai rata-rata tersebut menunjukkan bahwa penilaian panelis terhadap chicken wing frozen dengan penggunaan bumbu tradisional yang seluruhnya dapat diterima dalam kategori suka hingga sangat suka. Hasil analisis dengan menggunakan uji Friedman dengan taraf α =0,05. Membuktikan hanya terdapat pengaruh penggunaan bumbu tradisional pada chicken wing frozen terhadap daya terima konsumen pada aspek aroma, dan tekstur. Hasil uji Tuckey’s menunjukkan bahwa penggunaan bumbu tradisional pada chicken frozen ayam kuning dan ayam kalasan adalah paling disukai konsumen. Berdasarkan hasil tersebut maka produk chicken wing frozen dengan penggunaan bumbu tradisonal pada ayam kuning dan ayam kalasan dapat direkomendasikan sebagai produk terbaik. Kata kunci : Bumbu tradisional, chicken wing frozen, daya terima konsumen
This research aims to analyze the effect of using spices traditional on Chicken Wing frozen on the acceptance of consumer’s, which includes assessment aspect of color, flavor, aroma, and texture. This reseacrh was conducted at food processing laboratory, in University State Of Jakarta the time of implementation this research started on November 2017 until February 2018. This research assessed using organoleptic test which is tested to 30 well trained panelist of student cullinary art University State Of Jakarta. Hedonic test result showed the highest average value of consumer’s acceptance is fried chicken Bandung, chicken kalasan, the value of that aspect showed, color aspect 4,10, flavor aspect 4,30, aroma aspect 4,40 and texture aspect 450. The average of value show that the research on panelist againt Chicken Wing frozen compare to chicken with using spices traditional fit in consumen likes catagory up to very likes categori result of analysis by using friedman test to the point α =0,05 proves that there is only influence of using spice traditional on Chicken Wing frozen at the acceptance consumer’s to aroma an texture aspecy. Tuckey’s result showed that using of spices traditional on Chicken Wing frozen, yellow chicken , chicken kalasan is the most prepreferred consumers. Based on these results then Chicken Wing frozen with product that using spices traditional chicken yellow, chicken kalasan recomended as the best product.
Keywords: Spices traditional, Chicken Wing frozen, acceptance of concumer’s
SS00016368 | SK 16368 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain