Text
Pengambilan keputusan pembelian produk busana secara online : survey pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan mahasiswi Universitas Negeri Jakarta yang mengambil studi jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian produk busana secara online. Tema ini diangkat sebab angka penipuan yang dilakukan oleh oknum – oknum pemasar/penjual online ternyata tidak menyurutkan masyarakat untuk melakukan pembelian berbagai produk secara online, khususnya produk busana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa para responden yang bertindak sebagai konsumen telah memahami proses pengambilan keputusan pembelian produk busana secara online. Secara umum, responden telah memahami adanya masalah dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh dengan persentase sebesar 65,5% yang menunjukkan bahwa sebagian besar responden memahami adanya masalah dalam melakukan pembelian produk busana secara online. Pencarian informasi merupakan indikator kedua dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Data yang ada menunjukkan persentase sebesar 84,7%. Selanjutnya adalah evaluasi alternatif yang mendapat persentase terbesar, yaitu sebesar 90,5% yang menunjukkan bahwa tahapan tersebut memiliki peranan penting dalam melakukan kegiatan pembelian produk busana secara online. Pengambilan keputusan pembelian merupakan indikator keempat dalam proses pengambilan keputusan pembelian yang memperoleh persentase sebesar 75%. Kemudian data yang diperoleh dari indikator perilaku paskapembelian sebanyak 78,4% menunjukkan bahwa para responden secaram umum merasa puas dengan kegiatan pembelian produk busana secara online.Kata kunci: Pengambilan keputusan, pembelian online, produk busana, pencarian informasi, evaluasi alternatif, perilaku paska-pembelian.
The purpose of these research is to perceive how the student of State University of Jakarta who studied in Family Welfare Department making a purchase decision in buying fashion product via online. These research is using quantitative descriptive as the research methodology. Data collection in these research is using survey technique. The target of this research is 100 respondents at State University of Jakarta who studied in Family Welfare Department. According to the result of the research, we perceived that the respondent as a consumer are understand about the process of making a purchase decision in buying fashion products via online. The first stage of making a purchase decision in buying fashion products is to recognize the issue. Based on the data, the percentage of the first indicator is 65,5%. Which mean that most of the respondent are aware that they have some issues in purchasing fashion products. The next indicator is information seacrh which have percentage 84,7%. Alternative evaluate is the third indicator that have the highest percentage, specifically 90,5%. Then, making a purchase decision is the forth indicator which have percentage 75%. Lastly, the percentage of postpurchase decision is 78,4%. Keywords: Making a purchase decision, online purchasing, fashion products, information search, alternative evaluation, post-purchase behaviour.
SS00016365 | SK 16365 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain