Text
Korelasi antara kemampuan soft skills dan prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Taruna Bangsa Bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan soft skills dan prestasi belajar dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII SMK Taruna Bangsa Bekasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Taruna Bangsa Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling dengan tabel Isaac dan Michael sehingga didapatkan sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji lineritas. Setelah data normal dan linier, langkah selanjutnya yaitu Uji hipotesis digunakan uji koefisien korelasi,dan uji keberartian koefisien korelasi (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan soft skills dengan kesiapan kerja, hasil pengujian thitung (4,93) > ttabel (2,00) dan nilai koefisien korelasi 0,550. (2) terdapat hubungan positif antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja, dengan hasil pengujian thitung (2,82) > ttabel (2,00) dan nilai koefisien korelasi 0,352 (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan soft skills dan prestasi belajar secara bersama-sama dengan kesiapan kerja siswa, hasil pengujian fhitung (13,25) > ftabel (3,20) dan nilai koefisien korelasi 0,570. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kemampuan soft skills dan prestasi belajar siswa maka akan semakin tinggi kesiapan kerja siswa.
This aim of research is to determine whether there is a positive and significant relationship between of soft skill and learning achievement to work readiness class XII student SMK Taruna Bangsa Bekasi . the research conduct at SMK Taruna Bangsa Bekasi. The research method use is survey method. The affordable population in this study is accounting student class XII in SMK Taruna Bangsa Bekasi as many as 70 students. The sampling technique in this study is simple random sampling with Isaac and Michael table. So, the sample used as many as 58 students. The method of collecting data is using questionnaires and documentation. Data analysis technique begins with the test requirements analysis is test normality test, Liniearity test, and regression analysis. after normal and liniear data, the next step are Hypothesis test used to test the correlation coefficient and correlation coefficient significant test (T-test). The results showed that; (1) there is a positive and significant correlation between of soft skill with work readiness, tcount (4,93)> ttable (2,00) and value of correlation coefficient 0,550. (2) there is a positive and significant correlation between of students learning achievement with work readiness, tcount (2,82)> ttable (2,00) and value of correlation coefficient 0,623. (3) there is a positive and significant correlation between of soft skill together and student learning achievement with work readiness, fcount (13,25)> ftable (3,20) and value of correlation coefficient 0,570. This means if the softskill and students learning achievement is high , then the work readiness is high too.
SS00016358 | SK 16358 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain