Text
Developing the EPG (European Profiling Grid) based assessment specifications of interaction management and monitoring competences for undergraduate English education study program
ABSTRAK
Arry Andryani. 2018. Mengembangkan Kerangka Penilaian Berdasarkan
European Profiling Grid (EPG) pada Kemampuan Manajemen dan
Monitoring Interaksi Kelas untuk Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa
Inggris. Tesis. Jakarta: Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris,
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka penilaian
berdasar pada European Profiling Grid (EPG) pada kemampuan
managemen dan pengawasan interaksi untuk Program Studi S-1 Bahasa
Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain dan
pengembangan. Tahap penelitian desain dan pengembangan terdiri atas
1) mengindentifikasi masalah, 2) mendeskripsikan tujuan, mendesain dan
3) mengembangan produk, 4) menguji produk dengan Diskusi Kelompok
Terpumpun (DKT), dan 5) revisi desain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa silabus milik 4 dari 5 universitas telah menyertakan kemampuan
mangemen dan pengawasan interaksi dan beberapa tujuan pembelajaran
telah sejalan dengan fase perkembangan EPG. Kemudian, sebuah
kerangka penilaian dikembangkan dengan 1) mendeskripsikan tujuan, 2)
menentukan alokasi waktu, 3) berdasarkan temuan, menyusun tujuan
yang mencakup kemampuan untuk tingkat guru pemula (fase
perkembangan EPG 1.1) hingga tingkat guru berpengalaman (fase
perkembangan EPG 2.2), 4) memilih materi uji yang sesuai, 5)
menentukan tingkat kognitif untuk kemampuan yang diuji, 6) Memaparkan
arahan untuk melakukan menilain, dan 7) menambahkan catatan tentang
aturan penilaian.
Kata kunci: EPG; kemampuan menggunakan managemen dan
pengawasan interaksi; kerangka penilaian
TM00005065 | TM 5056 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain