Text
Developing Eoropean Profiling (EPG) based assessment specifications of assessment competences for undergraduate English education study program
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka penilaian berbasis European Profiling Grid (EPG) pada kompetensi penilaian untuk program studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain dan pengembangan penelitian dalam metode dan desain penelitiannya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa silabus milik 5 universitas di Indonesia menyertakan kompetensi penilaian pada semester kelima. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa silabus yang digunakan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia telah mencakup fase perkembangan EPG untuk guru berpengalaman. Kemudian, temuan ini digunakan sebagai dasar dalam membuat kerangka penilaian, Sebuah kerangka penilaian dikembangkan dengan menggunakan metode dari Prince George Community College yaitu 1) mendeskripsikan tujuan, 2) menentukan alokasi waktu, 3) berdasarkan temuan, menyusun tujuan yang mencakup kemampuan untuk tingkat guru pemula (fase perkembangan EPG 1.1) hingga tingkat guru berpengalaman (fase perkembangan EPG 2.2), 4) memilih materi uji yang sesuai, 5) menentukan tingkat kognitif untuk kemampuan yang diuji, 6) menentukan jumlah dan tipe penilaian.
This study is aimed to develop EPG-based assessment specifications of assessment competences for undergraduate English Education Study Program. This study uses qualitative design and development research in its research method and design. The findings of the analysis portrays that the syllabi from five universities already included the assessment competences in the fifth semester. The finding also shows that the assessment competences in the existing syllabi are align with the descriptors of EPG development phases for experienced teacher. Then, this finding was used as the foundation in developing the assessment specification of assessment competences. The assessment specifications were developed using the Prince George Community College’s method 1) describing the purpose, 2) deciding the time allocation, 3) formulating the objectives based on the findings and cover the assessment competences from the level of novice teachers (EPG development phase 1.1) up to the level of experienced teachers (EPG development phase 2.2), 4) selecting appropriate materials to be assessed, 5) Deciding the cognitive level tobe involved in assesssing the competences, 6) Deciding the number of items and type of assessment.
TM00005062 | TM 5062 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain