Text
Designing European Profiling Grid (EPG)-based ELT methodology syllabus for undergraduate English education study program
ABSTRAK
Andarin, Yosi. 2018. Rancangan Silabus Metodologi Pengajaran Bahasa
Inggris Berbasis EPG Untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Thesis. Fakultas Bahasa dan Seni, Program Magister Pendidikan Bahasa
Inggris, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang silabus Metodologi Pengajaran
Bahasa Inggris berbasis EPG untuk program studi pendidikan bahasa
Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model.
menurut Nunamaker yang diadaptasi dalam lima tahap, yaitu, identifikasi
masalah, pemaparan tujuan, perancangan dan pengembangan model,
pembahasan model dan revisi model. Sumber data pada penelitian ini adalah
silabus dari lima universitas yang ada di Indonesia. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa silabus Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris yang
ada belum mencakup fase perkembangan guru, dari guru pemula, guru
berpengalaman, dan guru ahli dalam basis EPG. Hasil lainnya menunjukan
rentang descriptor yang ada dalam silabus berada pada kategori EPG plusminus
yang berarti masih berada dibawah standar EPG. Selain itu, beberapa
mata kuliah dalam silabus melebihi standar EPG yang berarti tujuan
pembelajaran dalam satu mata kuliah tidak hanya mencakup salah satu
deskriptor EPG, tetapi juga mencakup kategori lainnya. Oleh karena itu,
Rancangan Silabus Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis EPG
untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dikembangkan sebagai
jawaban utama dalam penelitian. Selain itu, standarisasi kompetensi juga
harus didasarkan pada fase perkembangan untuk guru pemula,
berpengalaman, dan guru ahli berbasis EPG.
Kata kunci: EPG; Silabus Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris;
Pengembangan Silabus
TM00005059 | TM 5059 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain