Text
Adapting reading materials for 10th Graders of Santa Ursula Senior High School Jakarta to meet the Common European Framework of Reference for Languages (CEFR)
ABSTRAK
Jacobus Darmanto. 2018. Penyesuaian materi ajar Membaca untuk Siswa
Kelas X SMA Santa Ursula Jakarta Berdasarkan the Common European
Framework of Reference for Languages (CEFR). Thesis. Jakarta:
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan mengadaptasi materi ajar
membaca bahasa Inggris yang sesuai untuk Siswa kelas X SMA Santa
Ursula Jakarta. Penelitian ini menggunakan the Common European
Framework of Reference for Languages (CEFR) Reading Descriptors
sebagai alat untuk mengevaluasi dan mengadaptasi materi ajar membaca.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Content Analysis.
Penelitian ini memiliki data kuantitatif dan kualitatif. Dalam CEFR terdapat
enam aras kemampuan. Responden penelitian ini ialah siswa kelas X.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa
kelas X SMA Santa Ursula Jakarta berada di aras B2 CEFR. Kemudian
materi ajar membaca yang digunakan di sekolah untuk kelas X secara
umum telah memenuhi syarat aras B2 CEFR. Sebagai catatan, ada
beberapa materi ajar membaca dari aras B2 CEFR yang tidak ada di buku
seperti Formal Structure Speech. Catatan lainnya adalah materi ajar
membaca pada arasl B2 tersebar di 14 unit materi yang diberikan.
Kata kunci: CEFR level B2; Reading Materials; Content Analysis
TM00005058 | TM 5058 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain