Text
The use of quantum teaching in speaking class at Lakidende University : a case study
ABSTRAK
MCLEAN HY. The Use of Quantum Teaching in Speaking Class: A Case Study at
University Lakidende. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas
Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. (Januari, 2018)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kuantum dalam
pengajaran speaking di Universitas Lakidende. Metode penelitian yang digunakan
adalah sebuah studi kasus yang bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan
fenomena penggunaan pengajaran kuantum. Data diperoleh melalui observasi
kelas, interview dan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus
2017 sampai dengan December 2018 di Universitas Lakidende yang melibatkan
seorang guru dan tiga puluh lima siswa semester 3 pada kelas Speaking. Hasil
penelitian ini, peneliti menemukan bahwa guru memotivasi siswa dalam
pembelajaran berbicara melalui pemberian gambar, guru menciptakan situasi yang
menyenangkan melalui mengutarakan pendapat tentang topic pembelajaran
kemudian guru membuat siswa menjadi aktif melalui diskusi dalam grup dan
presentasi. Kemudian, peneliti menemukan bahwa didalam kelas speaking terdapat
komponen- komponen kuantum teaching yaitu komponen menumbuhkan, komponen
alami, komponen namai, komponen demonstrasi, komponen ulangi dan komponen
rayakan. Kesimpulannya, penggunaan metode pengajaran kuantum bisa membantu
kemampuan berbicara siswa di universitas Lakidende.
Kata Kunci: Penggunaan Pengajaran Kuantum, Pengajaran Speaking, Komponenkomponen
Pengajaran Kuantum
TM00005056 | TM 5056 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain