Text
Hubungan pengetahuan lingkungan dengan kecerdasan ekologi pada siswa SMA di Jakarta
Permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian dunia sejak 1970, hal ini berkaitan dengan menurunnya kualitas lingkungan hidup yang semakin memburuk. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya kesadaran dan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan. Salah satu upaya mengubah perilaku tersebut adalah melalui jalur pendidikan. Upaya tersebut berupa penerapan pendidikan lingkungan hidup (PLH) yang diintegrasikan dengan mata pelajaran yang sesuai dengan jenjang pendidikan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan dengan kecerdasan ekologi pada siswa SMA di Jakarta, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 38, SMA Negeri 43 dan SMA Negeri 60 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah survey exploratory. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan diperoleh 315 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengetahuan lingkungan dan instrumen kecerdasan ekologi dan dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov (α=0,05) menunjukkan data berdistribusi normal dan uji Levene untuk uji homogenitas pada α=0,05 menunjukkan bahwa data berdistribusi homogen. Model regresi yang didapat adalah Ŷ=15,779 + 0,813X dan koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,703 dengan F=1,601 (p)>0,05 yang berarti terdapat hubungan positif antara pengetahuan lingkungan dengan kecerdasan ekologi pada siswa SMA di Jakarta.
Environmental issues have been the world’s attention since 1970, this is due to the deterioration in the deteriorating environmental quality and other factors. One of the factors that causes it is the lack of awareness and human responsibility towards the environment. One attempt to change the behavior is through education. The effort is in the form of application of environmental education (PLH) which is integrated with subjects in accordance with the level of education. This research aims to findout the correlation between environmental knowledge and ecological intelligence of high school students in Jakarta, the research was held in SMAN 38 Jakarta, SMAN 43 Jakarta, and SMAN 60 Jakarta in the odd semester, academic year 2017/2018. The method used is survey exploratory. Samples were selected by cluster random sampling and obtained 315 students. The data were collected by using environmental knowledge instruments and ecological intelligence instruments and analyzed by normality and homogeneity test. The result of normality test using Kolmogorov-Smirnov test (α=0,05) showed normal distribution data and Levene test for homogeneity test at α=0,05 indicated that the data were homogeneously distributed. Regression model obtained is Ŷ=15,779 + 0,813X and correlation coefficient obtained is 0,703 with F=1,601 (p)>0,05, which means that there is a correlation between environmental knowledge and ecological intelligence in high school students in Jakarta.
SS00016432 | SK 16432 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain