Text
Peningkatan keterampilan menulis paragraf bahasa Jerman melalui model cooperative learning dengan teknik Jigsaw : penelitian tindakan di MAN 2 Kota Serang
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BAHASA JERMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK JIGSAW
(Penelitian Tindakan di MAN 2 Kota Serang)
Mahfuroh
Universitas Negeri Jakarta, Pendidikan Bahasa, Pascasarjana S2
E-mail : furobajuri@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis paragraf bahasa Jerman melalui model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri 2 kota Serang, di semester genap tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpulan data menggunakan tes awal, angket, observasi, catatan kolaborator dan tes akhir sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan pelaksanaan tindakan 3 siklus dan tiap siklus terdapat 3 kali pertemuan. Pada akhir pembelajaran di tiap siklus tindakan siswa diberikan tes menulis secara individu dan hasil tes tersebut menjadi dasar keberhasilan suatu tindakan penelitian. Hasil kegiatan dalam penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat peningkatan baik secara proses maupun peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil tulisan siswa dari peningkatan rata – rata yang diperoleh dari siklus pertama hingga siklus ketiga. Pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif dan tepat serta dapat memaksimalkan hasil belajar, salah satunya adalah dapat menigkatkan keterampilan menulis paragraf bahasa Jerman.
Kata kunci : keterampilan menulis paragraf, model pembelajaran kooperatif, teknik jigsaw.
TM00005072 | TM 5072 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.0010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain