Text
Peningkatan keterampilan mendongeng dengan menggunakan metode Paired storytelling : penelitian tindakan di kelas VIII SMP PGRI Kopo Serang Banten
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIRED STORYTELLING
(Penelitian Tindakan di Kelas VIII SMP PGRI Kopo Serang Banten)
LIA ANDRIANI HARAHAP
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang peningkatan keterampilan mendongeng dengan menggunakan metode Paired Storytelling beserta efektifitasnya yang dilaksanakan di SMP PGRI KOPO. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mendongeng anak di SMP PGRI KOPO Kabupaten Serang Provinsi Banten melalui metode Paired Storytelling, namun demikian Penelitian ini tidak sebatas digunakan hanya di tempat Penelitian ini dilaksanakan, tetapi harapan luasnya adalah dapat diterapkan oleh Pengajar untuk mendapatkan efektifitas dalam pengajaran di sekolah masing masing. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan. Penelitian Tindakan merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 orang anak di SMP PGRI KOPO Kabupaten Serang Provinsi Banten.. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi partisipan mencakup instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan diskusi. Analisis data menggunakan penyajian, reduksi dan simpulan data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: proses pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Paired Storytelling dapat meningkatkan keterampilan mendongeng di SMP PGRI KOPO Kabupaten Serang Provinsi Banten. Temuan penelitian ini direkomendasikan bahwa keterampilan mendongeng dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe Paired Storytelling. Pembelajaran kooperatif tipe Paired Storytelling dapat diterapkan di semua jenjang pendidikan terutama pada pendidikan anak Sekolah Menengah.
Kata kunci: Keterampilan mendongeng, Metode Paired Storytelling, SMP
PGRI KOPO.
TM00005067 | TM 5067 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain