Text
Pengembangan media pembelajaran fisika dengan memanfaatkan limbah elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar dengan memanfaatkan limbah elektronik dan menyelidiki apakah media pembelajaran tersebut akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development, model Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang ditujukan untuk validator ahli materi, media dan ahli pembelajar, serta angket motivasi belajar. Hasil validitas media yang dikembangkan dihitung dengan menggunakan rumus prosentase skor dan diinterpretasikan sesuai dengan interpretasi skala likert. Media pembelajaran yang dibuat dapat digunakan untuk mengamati data variabel arus, tegangan,dan putaran magnet dengan Hasil validasi ahli materi sebesar 86,25 %, ahli media sebesar 87,89 %, dan ahli pembelajar sebesar 90,36 %.Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajar tersebut menunjukkan media pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik. Dan setelah diujicobakan kepada siswa diperoleh hasil skor rata-rata sebesar 89,36 %, sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi Induksi Elektromagnetik Sedangkan hasil analisa data dengan uji N gain sebesar 0,7977 atau 79,77%. Artinya media ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar fisika khususnya pada materi Induksi Elektromagnetik.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Induksi Elektromagnetik, Pengembangan Media.
TM00005089 | TM 5089 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain