Text
Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite Review (SQ3R) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pencemaran lingkungan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE
REVIEW (SQ3R) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
TERHADAP HASIL BELAJAR PENCEMARAN LINGKUNGAN
Fahriyah Fahmawati
ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan
menunjukkan perlunya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran survey,
question, read, recite and review dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada
konsep pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimen dengan desain factorial 2x2. Instrumen yang digunakan adalah tes
berpikir kritis dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA
SMAN 1 Tambun Utara yang berjumlah 140 peserta didik pada bulan September
sampai November 2017. Pengambilan sampel dengan simple random sampling.
Data dianalisis menggunakan uji anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar
(2) terdapat pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar. dan (3) terdapat
interaksi antara model pembelajaran SQ3R dan berpikir kritis terhadap hasil
belajar.
Kata kunci: berpikir kritis, hasil belajar Pencemaran Lingkungan, SQ3R
TM00005087 | TM 5087 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain