Text
Hubungan self confidence dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi
Hasil belajar merupakan sesuatu yang dicapai oleh peserta didik setelah melewati proses pembelajaran. Hasil belajar berhubungan dengan self confidence dan motivasi. Self confidence merupakan keyakinan terhadap diri sendiri mengenai kemampuan yang ada dalam dirinya, sedangkan motivasi merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas demi mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self confidence dan motivasi dengan hasil belajar peserta didik materi Sistem Koordinasi. Penelitian ini dilakukan pada semester I 2017/2018 dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan uji korelasional. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik multistage sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 peserta didik SMA Negeri 89 Jakarta. Uji prasyarat menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara self confidence dengan hasil belajar yang menghasilkan persamaan Ŷ = 0,961 + 0,592X, dengan koefisien korelasi sebesar 0,812, koefisien determinasi sebesar 0,659 dan kontribusi sebesar 65,9%. Terdapat hubungan positif yang kuat antara motivasi dengan hasil belajar yang menghasilkan persamaan Ŷ = 23,910 + 0,551X2, dengan koefisien korelasi sebesar 0,703, koefisien determinasi sebesar 0,494 dan kontibusi sebesar 49,4%. Terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara self confidence dan motivasi dengan hasil belajar yang menghasilkan persamaan Ŷ = 1,384 + 0,483X1.+ 0,154X2, dengan koefisien korelasi sebesar 0,811, koefisisen determinasi sebesar 0,658 dan kontibusi sebesar 65,8%. Kata kunci : self confidence, motivasi, hasil belajar sistem koordinasi
Learning outcomes are something achievable by learners after passing through the learning process. Learning outcomes are related to self confidence and motivation. Self confidence is a belief in oneself about the abilities that exist in him, while motivation is a boost in a person to perform activities in order to achieve a certain goal. This study aimed to determine the correlate relation between self confidence and motivation with the learning outcomes of the students of the Coordination System. This research was conducted in the first semester of 2017/2018 and used quantitative descriptive method with correlation test. Sampling was done by multistage sampling technique with the number of samples of 85 students from SMA Negeri 89 Jakarta. The prerequisite test showed that normal and homogeneous distribution data. There was very strong positive relation between self confidence with learning outcomes that produced equation Ŷ = 0.961 + 0.592X1, with correlation coefficient 0,812, determination coefficient 0,659 and the contribution 65,9%. There was strong positive relation between motivation with learning outcomes that produced equation Ŷ = 23,910 + 0,551X2, with correlation coefficient 0,703, determination coefficient 0,494 and the contribution 49,4%. There was very strong positive relation between self confidence and motivation with learning outcomes that produced equation Ŷ = 1.384 + 0.483X1+ 0.154X2, with the correlation coefficient 0.811, determination coefficient 0,658 and the contribution 65,8%. Keywords : self confidence, motivation, learning result of coordination system
SS00016429 | SK 16429 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain