Text
Pengaruh model pembelajaran berbasis riset dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar pada siswa SMK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMK
Nursofah
ABSTRAK
Model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis riset dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMK Bina Nusa Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Perbankan Syariah dan Administrasi Perkantoran SMK Bina Nusa Bekasi yang berjumlah 60 siswa, pengambilan sampel dengan simple random sampling.Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas pada tingkat signifikansi 0.05 didapat 48.72 dan anava dua arah. Hasil penelitian pada tingkat signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa, 1)terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis riset terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan (p = 0.040) 2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan (p = 0.00). 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan (p = 0.00).
Kata kunci: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Riset (RBL
TM00005075 | TM 5075 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain