Text
Pengembangan media pembelajaran asam basa berbasis contextual learning menggunakan Microsoft visual basic studio
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran asam basa berbasis contextual learning menggunakan Microsoft Visual Basic Studio. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 42 Jakarta. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran dalam bentuk aplikasi komputer yang berisi konten asam basa yang diterapkan dalam kehidupan nyata. Aplikasi ini dilengkapi dengan desain visual yang menarik dan fakta terkini dari sejumlah jurnal ilmiah yang berguna untuk memperluas pengetahuan siswa. Pengembangan produk ini menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic Studio 2017. Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media, media pembelajaran yang telah dikembangkan memperoleh persentase kelayakan masing-masing sebesar 83,98% dan 90,42% dengan interpretasi sangat baik. Hasil dari uji coba media oleh siswa dan guru menunjukkan persentase kelayakan masing-masing sebesar 88,18% dan 88,19% dengan kriteria sangat baik. Secara keseluruhan, media pembelajaran yang telah dikembangkan dianggap layak untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi asam basa bagi SMA kelas XI.
This study aims to produce a learning media on acid base topic based on contextual learning using Microsoft Visual Basic Studio. The method that used for this study was research and development. The subjects of this study are students of class XI at SMAN 42 Jakarta. The result of product development is a computer-based application which contains acid base concepts that could be applied on real life. This application is completed with an attractive visual design and current facts which obtained from scientific journals in order to widen students’ knowledge. The product development was using Microsoft Visual Basic Studio 2017. Based on the feasibility test by material experts and media experts, the developed learning media obtained 83,98% and 90,42% as the value of feasibility percentages with excellent interpretation. The result of media’s trials toward students and teachers have shown 88,18% and 88,19% as the value of feasibility percentages with excellent interpretation. Thus, it can be concluded that the developed learning media is considered as feasible and can be used as an alternative of learning media on acid base topic for high school in class XI.
SS00016427 | SK 16427 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain