Text
Pengaruh metode pembelajaran improve terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self concept di SMA Negeri
PENGARUH PENERAPAN METODE IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA DI SMAN KECAMATAN SAWANGAN
CUT NURLIA APRILNA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode IMPROVE dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self concept siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi antara metode pembelajaran dengan self concept siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Depok pada tahun 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Depok. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat perlakuan metode pemblajaran IMPROVE dengan siswa yang mendapat perlakuan metode pembelajaran konvensional; (2) terdapat hubungan interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan self concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang mempunyai self concept positif yang mendapat pembelajaran IMPROVE.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, self concept, metode pembelajaran IMPROVE
TM00005102 | TM 5102 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain