Text
Pengembangan perangkat tes formatif pilihan ganda dengan tingkat kepercayaan (confidence-weighting) untuk fisika SMA kelas X
Tes pilihan ganda cenderung rentan terhadap pengaruh dari hasil menebak jawaban, sehingga guru sulit atau bahkan bisa salah dalam mengevaluasi hasil tes formatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat tes formatif pilihan ganda dengan tingkat kepercayaan (Confidence–Weighting) sebagai model penilaian dalam mata pelajaran Fisika kelas X. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang tahapannya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa perangkat tes formatif pilihan ganda dengan tingkat kepercayaan untuk Fisika SMA kelas X memiliki interpretasi sangat baik (89.82%). Perangkat tes formatif pilihan ganda dengan tingkat kepercayaan dapat digunakan sebagai model penilaian dalam pembelajaran Fisika di SMA. Kata-kata kunci: Tes formatif, pilihan ganda, Confidence–Weighting, menebak jawaban.
Multiple choice tests tend to be susceptible of the effects of guessing, so that teacher may find it difficult or even wrong to evaluate the result of the students formative tests. The purpose of this study is to produce a multiple choice formative test with confidence–weighting as scoring model for physics subject of 10th grade. This development research use the ADDIE development model, whose consist of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Small group trial results stated that the multiple choice formative test with confidence–weighting for high school physics of 10th grade has excellent interpretation (89.82%). The multiple choice formative test with confidence–weighting can be used scoring model of physics learning in high school. Keywords: Formative tests, multiple choice, Confidence–Weighting, guessing.
SS00016419 | SK 16419 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain