Text
Studi tentang penerapan pendekatan brain based learning melalui integrasi musik dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa di SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang
STUDI TENTANG PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING MELALUI INTEGRASI MUSIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA 5 KABUPATEN TANGERANG
MIRDA HANUM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pendekatan brain based learning melalui integrasi musik pada materi kimia asam basa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 5 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui teknik wawancara, observasi, reflektif jurnal siswa, dan reflektif jurnal guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendekatan brain based learning melalui integrasi musik berhubungan dengan prinsip-prinsip pembelajaran brain based learning, yaitu otak adalah prosesor paralel, pembelajaran melibatkan seluruh fisiologi, pencarian makna adalah bawaan, pencarian makna terjadi melalui pola, emosi sangat penting untuk membentuk pola, setiap otak secara bersamaan merasakan dan menciptakan bagian dan keseluruhan. Hal lain yang terkait dengan prinsip pembelajaran brain based learning yaitu belajar melibatkan perhatian terfokus dan perhatian periferal, belajar selalu melibatkan proses sadar dan tidak sadar, dua jenis sistem memori: pembelajaran spasial dan hafalan, otak mengerti dan mengingat yang terbaik saat fakta dan keterampilan ada tertanam dalam memori spasial alami, pembelajaran ditingkatkan dengan tantangan dan terhambat oleh ancaman, setiap otak itu unik. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan brain based learning berdampak terhadap motivasi, rasa ingin tahu, pemahaman konsep, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi dan literasi sains siswa. Pendekatan brain based learning dapat digunakan untuk mempelajari konsep asam basa dengan cara yang menyenangkan.
Kata kunci: Pendekatan brain based learning, pembelajaran kimia, musik, penelitian kualitatif, konsep asam basa.
TM00005097 | TM 5097 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain