Text
Upaya mengatasi miskonsepsi berdasarkan analisis model mental memalui pembelajaran learning cycle 5E pada materi reduksi oksidasi dan sel elektrokimia siswa kelas XII IPA SMAN 93
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi miskonsepsi pada materi reduksi oksidasi dan sel elektrokimia dengan analisis model mental melalui pembelajaran learning cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, dan Evaluate). Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018 dan melibatkan 36 siswa kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 93 Jakarta. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart (1998) yang terdiri dari 4 komponen, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi kelas, refleksi siswa, pertanyaan terbuka dan instrumen tes two tier dan esai. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif melali proses reduksi data, koding dan kategori untuk menggambarkan perubahan miskonsepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep reduksi oksidasi dan sel elektrokimia. Pada siklus 1, miskonsepsi teridentifikasi pada tahap explore dan terjadi perubahan konsep pada pada tahap elaborate. Miskonsepsi yang diperoleh pada konsep reaksi reduksi oksidasi meliputi: (1) reduktor adalah zat yang mengalami reduksi dan oksidator adalah zat yang mengalami oksidasi, dan (2) penyetaraan reaksi dalam lingkungan basa penambahan H2O di ruas yang kekurangan oksigen. Pada siklus 2, miskonsepsi teridentifikasi pada tahap engage dan terjadi perubahan konsep pada tahap explain. Miskonsepsi yang terjadi pada konsep sel volta meliputi: (1) membuat rangkaian sel volta hanya dua gelas kimia dihubungkan dengan jembatan garam, (2) elektron mengalir melalui jembatan garam, (3) muatan pada katoda dan anoda, (4) menuliskan notasi sel volta. Pada siklus 3, miskonsepsi teridentifikasi pada tahap engage dan terjadi perubahan konsep pada tahap explain. Miskonsepsi yang terjadi pada konsep sel elektrolisis meliputi: (1) menuliskan reaksi reduksi oksidasi pada katoda dan anoda, (2) elektrolisis menggunakan elektroda inert dan logam aktif, (3) menentukan masa ekivalen pada perhitungan elektrolisis. Model pembelajaran 5E telah memfasilitasi siswa untuk mengubah miskonsepsi yang dialami melalui proses konflik kognitif terhadap pemahaman sebelumnya. Dengan demikian model pembelajaran 5E melalui analisis model mental dapat digunakan untuk mengatasi miskonsepsi pada pembelajaran kimia khususnya materi reduksi oksidasi dan sel elektrokimia.
Kata kunci : miskonsepsi, model mental, learning cycle 5E, reduksi oksidasi, sel elektrokimia
This study aims to overcome misconceptions about oxidation reduction materials and electrochemical cells with mental model analysis through learning cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, and Evaluate). The study was conducted in the academic year 2017/2018 and involved 36 students of class XII MIPA 3 SMA Negeri 93 Jakarta. The classroom action research methodology with Kemmis and Mc Taggart model (1998) was employed which consist of 4 components of (1) planning, (2) acting), (3) observing, and (4) reflecting. The data collection was obtain in three cycles analysis through interviews, classroom observations, student reflections, open questions and two-tier test instruments and essays. The qualitative data analysis was conducted through data reduction, coding and categorization to portray students’ misconception changes. The result shows that students have misconceptions on the concept of oxidation-reduction and electrochemical cell. In cycle 1, misconceptions were identified at the exploring stage and a conceptual change occurred at the elaborate stage including : (1) reducing agents are substances that are oxidized the substances and oxidizers are oxidizable substances, and (2) the equation of reactions in an alkaline environment of the addition of H2O in the oxygen-deprived segment. In cycle 2, misconceptions are identified at the engage stage and there is a conceptual change in the explain stage. The misconceptions that occur in the concept of a voltaic cell include: (1) making a series of voltaic cells only two glasses of chemistry associated with a salt bridge, (2) electrons flowing through a salt bridge, (3) charge on the cathode and anode, (4). In cycle 3, misconceptions are identified at the engage stage and there is a change of concept in the explain stage. Misconceptions of the concept of electrolysis cells include (1) writing oxidationreduction reactions on the cathode and anode, (2) electrolysis using inert electrodes and active metals, (3) determining the equivalence period of the electrolysis calculation. The learning cycle 5E has helped students to overcome the misconception through conflict cognitive of their prior knowledge. Thus the 5E learning model through mental model analysis can be used to overcome misconceptions in chemistry learning, especially oxidation reduction materials, and electrochemical cells.
Keywords: misconception, mental model, learning cycle 5E, oxidation-reduction, electrochemical cell
TM00005096 | TM 5096 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain