Text
Pengaruh model pembelajaran CORE dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar : studi eksperimen siswa IV pada SDN Harapan Jaya V Kota Bekasi
ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
(Studi Eksperimen Siswa di Kelas IV pada SDN Harapan Jaya V Kota Bekasi)
SONNY IRAWAN
mr.sonnyirawan@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran CORE dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 44 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model Pembelajaran CORE adalah model pembelajaran matematika yang cocok untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis, Model Pembelajaran CORE lebih tepat digunakan pada kelompok siswa dengan disposisi matematis tinggi, sementara model konvensional lebih tepat diterapkan pada kelompok siswa dengan disposisi matematis rendah.
Kata Kunci : Model CORE, disposisi, pemecahan masalah
TM00005105 | TM 5105 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain