Text
Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui token economy pada siswa kelas V A SDN Klender 13 Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI TOKEN ECONOMY
PADA SISWA KELAS V A SDN KLENDER 13 JAKARTA TIMUR
Dwi Rifti Amelia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V A SDN Klender 13 Jakarta Timur, melalui token economy. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas V A Sekolah Dasar.
Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yakni observasi dan tes hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Tes awal yang dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan untuk mengimplementasikan dalam siklus, guna meningkatkan hasil belajar. Setiap akhir siklus dievaluasi dampak dari tindakan yang telah diimplementasikan.
Data yang dianalisis diperkuat dengan penilaian tes hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, guna membuktikan sejauh mana dampak dari tindakan yang melalui proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hal ini dibuktikan dengan presentase nilai hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siklus I yaitu 40,54% dan meningkat pada siklus II mencapai 100%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V A SDN Klender 13 Jakarta Timur meningkat dengan penerapan token economy.
Kata kunci : Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Token Economy, dan penelitian tindakan
TM00005107 | TM 5107 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain