Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan locus of control terhadap sikap peduli lingkungan siswa SD di Kecamatan Kemang - Bogor
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN (OUTDOOR/INDOOR) DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
Destiara Dwi Anggraeni
Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta
Alamat e-mail : destiara095060148sd@gmail.com
ABSTRAK
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (outdoor/indoor)dan locus of control terhadap sikap peduli lingkungan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dengan 44 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran outdoor adalah strategi yang paling baik untuk digunakan dalam sikap peduli lingkungan, strategi pembelajaran outdoor lebih tepat digunakan pada kelompok siswa dengan locus of control internal, sementara strategi pembelajaran indoor lebih tepat diterapkan pada kelompok siswa dengan locus of control eksternal. Kata kunci :, Strategi pembelajaran (Outdoor/Indoor), Locus of Control, sikap peduli lingkungan
TM00005108 | TM 5108 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain