Text
Meningkatkan keterampilan membaca kritis melalui metode Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC) peserta didik kelas V
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS MELALUI METODE COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) PESERTA DIDIK KELAS V
(Classroom Action Research di SDS Laboratorium PGSD UNJ
Setiabudi Jakarta Selatan)
(2017)
Intan Widyawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca kritis bagi para peserta didik di kelas V SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2017 di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan dan dilakukan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan membaca kritis yang dimiliki peserta didik adalah dengan melakukan tes tertulis dan pilihan ganda. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca kritis yang dimiliki oleh peserta didik dapat meningkat melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Pada tiap siklus terlihat kenaikan yang sangat signifikan. Pada pretest persentase keterampilan membaca peserta didik yang memperoleh nilai ≥70 adalah sebesar 25.92%, akhir siklus I sebesar 31,25%, dan akhir siklus II sebesar 93.75%, sehingga hipotesis tindakan diterima. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran keterampilan membaca kritis melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca kritis yang dimiliki oleh peserta didik. Implikasi penelitian ini adalah bahwa metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kegiatan membaca kritis, dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca kritis melalui kegiatan mencari ide pokok, menganalisis, dan mencontohkan dengan kehidupan sehari-hari
Kata kunci: Keterampilan Membaca Kritis, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
TM00005109 | TM 5109 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain