Text
Penerapan pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Mangga Besar 01 Pagi Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI
PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
ROZI SYAHPUTRA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa
melalui pendekatan saintifik. Pembelajaran menulis melalui pendekatan saintifik
yang dilaksanakan dengan prinsip yang tepat, dapat meningkatkan keterampilan
menulis siswa kelas IV SDN Mangga Besar 01 Pagi Kecamatan Taman Sari Jakarta
Barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yang dilaksanakan dengan dua siklus,
siklus pertama terdiri dari tiga perlakuan dan siklus kedua terdiri dari tiga perlakuan.
Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Teknik analisis data ini menggunakan dua teknik analisa, yaitu analisis
data deskriptif dan analisa data secara kualitatif. Keterampilan menulis siswa pada
pra-siklus adalah 34,5%, siklus satu 48,3%, dan siklus dua mencapai 86,2%.
Pencapaian ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator, yaitu sebesar
75%. Berdasarkan hasil persentase penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Kata kunci: Saintifik, Keterampilan Menulis dan Sekolah Dasar
TM00005113 | TM 5113 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain