Text
Pemeratan model learning cycle 5E dalam upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 77 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 77 Jakarta pada materi sistem periodik unsur melalui penerapan model Learning Cycle 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 77 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, observasi, catatan lapangan, tes kognitif, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dari 69,44% menjadi 91,67% atau meningkat 22,23%, ranah afektif dari 47,22% menjadi 86,11% atau meningkat 38,89%, dan ranah psikomotorik dari 69,44% menjadi 91,67% atau meningkat 22,23%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 77 Jakarta. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur.
This study aims to improve the result of chemistry learning students of class X at 77 Jakarta State Senior High School on the periodic system of elements through implementation of learning cycle 5E models (engagement, exploration, explanation, elaboration and evaluation). This study was conducted in the odd semester of the academic year 2017/2018. The research subject is students of class X MIA 2 at 77 Jakarta State Senior High School. This study uses Classroom Action Research which is implemented in two cycles. Each cycle there are four stages consisting of action planning, implementation of the action, observation and reflection. Data collection techniques include interviews, questionnaires, observations, field notes, cognitive tests, and documentation. The analysis technique used in this research is qualitative descriptive. The results showed that there is an increase in the result of chemistry learning student from cycle I to cycle II. Increased the result of chemistry learning students in the cognitive domain from 69.44% to 91.67% or an increase of 22.23%, affective domain from 47.22 to 86.11% or an increase of 38.89%, and psychomotor domain of 69.44% to 91.67% or an increase of 22.23%. Based on the results of the study can be concluded that the implementation of Learning Cycle 5E model can improve the result of chemistry learning students on the periodic system of elements in class X at 77 Jakarta State Senior High School. Keywords: Learning Cycle 5E, The Result of Chemistry Learning, Periodic System of Elements.
SS0006417 | SK 16417 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain