Text
Pengembangan modul matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bekasi
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul matematika untuk siswa kelas VII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan wawancara guru, materi yang dikembangkan di modul adalah persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual meliputi tujuh komponen utama pembelajaran, yakni mengamati, menanya, menemukan, pemodelan, refleksi, diskusi siswa, dan penilaian autentik. Pendekatan kontekstual bertujuan untuk membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan modul matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan ini meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan model, validasi ahli dan revisi, uji coba perorangan dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, serta uji coba kelompok besar dan revisi. Proses validasi dilakukan kepada para ahli untuk mendapatkan penilaian dan saran yang kemudian digunakan sebagai revisi modul. Proses uji coba berlangsung tiga tahap yaitu uji coba guru dan perorangan, uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar. Uji coba lapangan untuk mengetahui kelayakan modul yang sudah dihasilkan setelah revisi dari para ahli. Setelah produk direvisi sesuai saran dari kelompok besar, produk dianggap final dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 82,46% maka modul dikategorikan sangat baik. Sedangkan, persentase rata-rata keseluruhan angket berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 82,46% maka modul dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba guru, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 93,29% maka modul dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba perorangan, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 93,33% maka modul dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 90,04% maka modul dikategorikan sangat baik. Sedangkan, hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 87,37% maka modul dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII SMP.
This study aims to develop module mathematics to student grade 7 junior high school. Based on analysis of the student needs and conducting interviews teachers, the material which has been developed in module is the linear equations and inequality of one variables with contextual approach. Contextual approach uses seven stages of learning, namely constructivism, questioning, inquiry, modeling, learning community, reflecting, authentic assessment. Approach contextual aims to help the teacher link the materials given to a daily life. Hence, there should have been development module mathematics on subject’s linear equations and inequality of one variable with contextual approach for student grade 7 junior high school to reach the purpose of learning mathematics. The methodology that was used in this research was research and development. Procedure research development covering the preliminary study, development planning model, validation experts and revision, trial of teachers and individuals and revision, trial of small group and revision, and trial of large group and revision. The process validation has been done for experts to get assessment and suggestions that is then used as a revision of module. The process trial lasted three stages, namely trial of teachers and individuals, trial small group and trial large group. The trial of the field to know the worthiness of the module that has produced after the revision of the experts. After the revised appropriate advice of a large group, considered the final product and can be used in learning mathematics. Based on the results of the matter and language validation, all questionnaire average percentage is 82,46 % so module categorized very good. While, all questionnaire average percentage whole survey based on the validation media experts is 82,46 % so module categorized very good. Based on results of the trial teachers, all questionnaire average percentage whole survey of 93,29 % so module categorized very good. Based on the results of the trial individuals, all questionnaire average percentage is 93,33 % so module categorized very good. Based on the results of the trial small group, all questionnaire average percentage is 90,04 % so module categorized very good. While, results of trial large group all questionnaire average percentage is 87,37 % so module categorized very good. Thus, it can be concluded that module mathematics who developed met requirements for use on learning the linear equations and inequality of one variable to student grade 7 junior high school.
SS00016420 | SK 16420 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain