Text
Peningkatan hasil belajar keterampilan handstand senam lantai melalui media alat bantu : studi action research pada SMP Negeri 3 Kota Serang
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN HANDSTAND SENAM LANTAI MELALUI MEDIA ALAT BANTU
(Studi Action Research pada SMP Negeri 3 Kota Serang)
ABSTRAK
ARIPIN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil pembelajaran belajar keterampilan handstand. Jumlah subjek penelitiannya sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan desain dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari delapan kali pertemuan. Setiap akhir pertemuan dilakukan tes, tes yang digunakan adalah tes keterampilan smash bola voli. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada saat tes pra siklus siswa yang tuntas adalah 67.77, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 69,77, kemudian pada siklus II tingkat pencapaian ketuntasan siswa meningkat menjadi 77,8. Oleh karena itu pada siklus II kriteria keberhasilan telah tercapai, maka peneliti tidak perlu melanjutkan penelitian pada siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran belajar keterampilan handstand dapat meningkatkan dengan menggunakan alat bantu matras, kursi panjang dengan tinggi 70cm, box, tembok yang dimodifikasi dengan karet, teman sebaya di SMP Negri 3 Kota Serang Banten.
Kata kunci: Peningkatan hasil belajar keterampilan handstand senam lantai
TM00005134 | TM 5134 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain