Text
Efektivitas relaksasi untuk mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMK Kartika X-2 Jakarta
Efektivitas Relaksasi Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas
XI SMK Kartika X-2 Jakarta
Meyli Komala
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas relaksasi untuk
mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen dengan between-groups design model pretestposttest
control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa
18 sesi relaksasi otot progresif yang diselenggarakan 3 kali dalam 1 hari. Kelompok
kontrol tidak mendapatkan perlakuan apapun. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMK Kartika X-2 Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah
non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa yang menjadi
sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa dengan skor kejenuhan belajar yang
tinggi yang terdiri dari 12 orang kelompok ekperimen dan 12 orang kelompok
kontrol. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah
instrumen kejenuhan belajar dengan empat pilihan dalam skala likert yang terdiri
dari 32 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s aplah sebesar 0,89.
Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif
dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan
posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test, dengan
membandingkan gain score dari posttest dan pretest pada kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan p = 0.002 < 0,05
(signifikan), diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara gain
score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga penelitian ini dapat Ha
(Sig) < 0,05. Relaksasi otot progresif efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar
pada siswa kelas XI SMK Kartika X-2 Jakarta. Artinya terdapat penurunan
kejenuhan belajar pada kelompok eksperimen lebih rendah dibandingkan kelompok
kontrol sebesar 17,2%. Implikasi dari hasil penelitian adalah membantu
mengurangi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMK Kartika X-2 dengan
menggunakan teknik relaksasi otot progresif dapat memfasilitasi siswa untuk
mengurangi keletihan emosi, depersonalisasi dan menurunnya keyakinan
akademik.
Kata Kunci : Relaksasi Otot Progresif, Kejenuhan Belajar
TM00005144 | TM 5144 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain