Text
Pengembangan video simulasi konseling behavior teknik token economy dalam meningkatkan perilaku disiplin siswa saat pelajaran berlangsung
PENGEMBANGAN VIDEO SIMULASI KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA PELAJARAN BERLANGSUNG.
NURUL HUDA
1726149003
Pembimbing utama: Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi
Pembimbing kedua: Dr. Aip Badrujaman, M.Pd
MAGISTER BIMBINGAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FEBRUARI 2018
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instruksional video, yaitu video simulasi konseling yang menampilkan pelaksanaan model konseling pendekatan behavioral dengan teknik token economy. Model instruksional ditujukan untuk guru bimbingan dan konseling SMP Se-Kota Bekasi. Model instruksional dikembangkan untuk mengatasi kurangnya media pembelajaran video simulasi konseling menggunakan teknik token economy. Hasil analisis asesmen kebutuhan menunjukkan bahwa guru BK belum mahir dalam menerapkan pendekatan, keterampilan dan teknik konseling dalam memberikan bantuan kepada peserta didik, guru BK belum menguasai pelaksanaan konseling menggunakan teknik token economy, belum puas dengan kemampuannya dalam melaksanakan konseling menggunakan teknik yang tepat. Sehingga, konten yang dikembangkan dalam video instruksional ini terdiri atas kasus konseling token economy, tahapan model konseling token economy, dan kesimpulan. Metode penelitian yang dikembangkan adalah model pengembangn Interactive Video (IVD) yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, produksi, pengarangan, dan validasi. Pengujian model instruksional melibatkan ahli materi, ahli media, dan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian makan model instruksional dianggap mudah dipelajari, pilihan menu mempermudah penggunaan, teks membantu dalam mempelajari materi, mudah digunakan, namun suara saat adegan masih kurang besar dibanding suara saat penjelasan materi.
Kata kunci: model instruktional, video simulasi konseling, behavioral, token economy.
TM00005142 | TM 5142 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain