Text
Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilkan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Triguna Utama Ciputat
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk
Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMK
Triguna Utama Ciputat
Khairina Ulfa Syaimi
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi
interpersonal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi ekperimen
design nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen menerima
perlakukan berupa 7 sesi bimbingan kelompok yang diselenggarakan dua kali
dalam seminggu. Kelompok kontrol tidak menerima perlakuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Laki-laki kelas X jurusan
otomotif SMK Triguna Utama Ciputat tahun angkatan 2017. Teknik sampling
yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive
sampling. Siswa laki-laki yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20
orang dengan skor keterampilan komunikasi interpersonal berada dalam kategori
rendah. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini
adalah instrumen keterampilan komunikasi interpersonal dengan empat pilihan
dalam model skala likert yang terdiri 42 butir valid dengan reliabilitas
menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0,813. Teknik analisis data statistik
dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean
empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar
0.000, yang berarti melalui hasil perhitungan tersebut maka diperoleh kesimpulan
bahwa pada keterampilan komunikasi interpersonal siswa laki-laki sig < 0.05,
Artinya peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa laki-laki kelas
X jurusan otomotif SMK Triguna Utama Ciputat kelompok treatment lebih tinggi
dibandingkan kelompok kontrol. Implikasi dari hasil penelitian adalah membantu
meningkatkan keteramplan komunikasi interpersonal siswa laki-laki kelas X
jurusan otomotif SMK Triguna Utama Ciputat. Oleh sebab itu, dinamika
kelompok layanan bimbingan kelompok dapat memfasilitasi siswa untuk
mengenal dan mengekspresikan perasaan diri dan orang lain, berpendapat serta
membina hubungan dengan sesama anggota.
Kata Kunci : bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal, siswa laki-lakisosiodrama
TM00005143 | TM 5143 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain