Text
Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode refleksi diri untuk menentukan tujuan hidup pada siswa laki-laki kelas XII SMA Negeri 6 Depok
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Refleksi Diri
Untuk Menentukan Tujuan Hidup Pada Siswa Laki-Laki Kelas XII SMA
Negeri 6 Depok
Erna Fitriani Hamda
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik refleksi diri untuk menentukan tujuan hidup pada siswa laki-laki.
Metode yang digunakan adalah kuasi –eksperimen dengan between–group design
model pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen diberikan
perlakuan tujuh kali pertemuan yang diselenggarakan seminggu dengan dua
hingga tiga kali pertemuan.
Sampel di dalam penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 6 Depok
yang berjenis kelamin laki-laki. Responden dipilih menjadi 20 orang yang
memiliki kategori rendah dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu sepuluh orang
sebagai kelompok eksperimen dan sepuluh orang sebagai kelompok kontrol.
Teknik sampling yang digunakan adalan non-probability sampling dengan bentuk
purposive sampling.
Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel menggunakan
instrumen tujuan hidup dalam skala likert empat pilihan yang terdiri atas 33 butir
soal yang valid dengan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s sebesar 0,77
dan masuk dalam kategori sedang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan Wilcoxon signed rank test dengan membandingkan gain score
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan p = 0,005 < 0,05 (signifikan), diinterprestasikan bahwa terdapat
perbedaan gain score kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sehingga
peneliti menyimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, bimbingan
kelompok dengan metode refleksi diri memberi pengaruh positif dalam
menentukan tujuan hidup pada siswa laki-laki.
Kata Kunci: Bimbingan kelompok, Teknik Refleksi Diri, Tujuan Hidup.
TM00005140 | TM 5140 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain