Text
Efektivitas brain gym untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP N I Bojong Kabupaten Pandeglang
EEFEKTIVITAS BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VIII SMP N I BOJONG KAB. PANDEGLANG TAHUN 2017/2018
ENONG KHOTIMAH
,
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas brain gym untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP N I Bojong Kab. Pandeglang tahun 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan penelitian kuasi (Quasi Eksperimental Reseach), desain Equivalent Control Group Design Pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang sudah ditentukan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 129 siswa dan dengan teknik sampel yang digunakan non probability sampling dalam bentuk purposive. Subyek diambil sebanyak 40 siswa . 20 untuk kelompok kontrol dan 20 untuk kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data mengunakan angket motivasi berprestasi, lembar observasi dan self report. Angket motivasi berprestasi yang digunakan adalah hasil adopsi dari Iyer dan Kamalhaban yang kemudian di uji validitas kepada 50 orang siswa diperoleh hasil 38 item yang valid dan 2 yang tidak vaid. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan alpha cronbach dengan hasil 0,9. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji rangking bertanda dari Wilcoxon (sign rank test Wilcoxon) melalui aplikasi SPSS 22. Hasil perhitungan Wilcoxon signed rank test dengan menggunakan spss 22.0 diperoleh nilai Z (Wilcoxon) sebesar 3,409, nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti dapat dinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga 1≠ 2 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata peningkatan dari motivasi berprestasi siswa yang mendapat perlakuan brain gym dengan yang tidak mendapatkan perlakuan brain gym. Berdasarkan uji pengaruh maka brain gym memberikan pengaruh sebesar 15% Penelitian dapat menerima Ha dan menolak Ho sehingga terjawab brain gym efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa.
Kata kunci : Brain Gym, Motivasi berprestasi, siswa
TM00005139 | TM 5139 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain