Text
Pengaruh kelompok bantu diri (self-help group) terhadap penyesuaian diri peserta didik kela Idad MA Ali Maksum Krapyak
PENGARUH KELOMPOK BANTU DIRI (SELF-HELP GROUP) TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IDAD MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA
Mufarrohah
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok bantu diri (self-help group) terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas idad MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental Nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen melaksanakan kegiatan kelompok bantu diri (self-help group) selama delapan sesi sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas idad MA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2017-2018. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Peserta didik yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik dengan skor penyesuaian diri berada dalam kategori rendah. Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif menggunaka mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test, dengan membandingkan gain score dari posttest dan pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan p = 0,005
< 0,05 (signifikan), dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga penelitian ini dapat 7menyatakan bahwasanya Menerima Ha dan Menolak Ho yang artinya, kelompok bantu diri (Self-help group) berpengaruh terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas Idad MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.
Kata kunci : Penyesuaian diri, kelompok bantu diri,kelas idad.
TM00005137 | TM 5137 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain