Text
Pengembangan media pembelajaran Board game Pictionary pada layanan informasi karier untuk siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 6
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME PICTIONARY PADA LAYANAN INFORMASI KARIER UNTUK SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 6
MUHAMMAD HAZIQ HAZABIR
NIM. 1726159057
Pembimbing Utama : Dr. Murti Kusuma Wirasti, M.Si.
Pembimbing Pendamping : Dr. Gantina Komalasari, M.Psi.
MAGISTER BIMBINGAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FEBRUARI 2018
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk : (1) Menghasilkan produk media pembelajaran yang akan digunakan oleh guru BK pada layanan informasi karier khususnya pengenalan ragam profesi yang ada di Indonesia, (2) melihat kelayakan produk untuk digunakan pada skala yang lebih luas, dan (3) membantu siswa kelas VII SMP mencapai kompetensi sampai pada Tahap Akomodasi sesuai dengan SKKPD SMP.
Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan mengacu pada tahapan dalam buku Penelitian dan Pengembangan oleh Sugiyono (2011). Adapaun tahapan yang dilakukan peneliti : (1) penelitian terhadap produk yang pernah ada, (2) studi literatur serta studi pendahuluan, (3) perancangan pengembangan produk baru, (4) pengujian internal desain oleh ahli media dan materi, (5) revisi produk, (6) pembuatan produk, dan (7) uji coba lapangan secara terbatas. Selanjutnya hasil dari ahli media, materi dan uji pengguna terbatas dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek desain produk memperoleh kategori Sangat Layak dengan total prosentase setelah dilakukan uji ahli sebesar 92%. Hasil uji materi karier juga memperoleh kategori Sangat Layak dengan total prosentase sebesar 86,7%. Terakhir, hasil uji coba pengguna terbatas terhadap siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 6 memperoleh kategori Sangat Layak dengan prosentase 82,65%.
Kata kunci : Board game, Jenis Profesi, Layanan Karier, Pictionary, Kartu Profesi
TM00005136 | TM 5136 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain