Text
Pembelajaran menulis deskriptif bahasa Inggris di kelas X pada siswa lamban belajar : suatu kajian etnografi di SMA Budi Waluyo, Jakarta
PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS DI KELAS X
PADA SISWA LAMBAN BELAJAR (SUATU KAJIAN ETNOGRAFI DI SMA
BUDI WALUYO, JAKARTA
Dian Palupi
palupidian@ymail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh infromasi dan mendapatkan
deskripsi tentang proses pembelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa
Inggris di kelas X pada siswa lamban belajar di SMA Budi Waluyo, Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi.
Penelitian ini dilakukan dari Agustus sampai dengan Desember 2014. Data diperoleh
dari observasi (pengamatan), wawancara, dan studi dokumentasi. Data diolah
dengan analisis menurut Spradley yang terdiri atas analisis domain, taksonomi,
komponen, dan tema budaya. Komponen yang memengaruhi proses pembelajaran
menulis deskriptif antara lain tujuan, materi, metode, media, peran guru dan siswa,
serta evaluasi.
Temuan penelitian menunjukkan (1) penyesuaian kurikulum dilakukan
dengan menurunkan standar kompetensi dasar pada tujuan menulis deskriptif
bahasa Inggris bagi siswa lamban belajar kelas X, (2) pemilihan materi berkenaan
dengan pengetahuan yang sudah dipahami siswa (deskripsi keluarga, hewan
peliharaan, rumah/sekolah), (3) pemberian tugas, latihan, bimbingan individu adalah
metode yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis deskriptif, (4) gambar,
foto, media objek langsung, OHP, papan tulis menjadi pilihan guru dalam
menyampaikan media pembelajaran menulis deskriptif pada siswa lamban belajar,
(5) stimulator, motivator, guru asuh, pengajar, pembimbing, dan penilai menjadi
peran guru dalam pembelajaran menulis deskriptif, dan (6) evaluasi pembelajaran
menulis deskriptif dilakukan dengan melihat proses dan hasil ketercapaian belajar
siswa.
Kata kunci: Pembelajaran menulis deskriptif, siswa lamban belajar, SMA Budi
Waluyo
TM00005147 | TM 5147 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain