Text
Pengembangan modul matematika pada pokok bahasan perbandingan dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII sekolah menengah pertama
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul matematika untuk siswa kelas VII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dalam modul yang akan dikembangkan adalah materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang dilandasi dengan penerapan metode ilmiah yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berpikir siswa mengenai materi yang akan dipelajari. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan modul matematika pada pokok bahasan perbandingan dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas VII SMP untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian pengembangan ini meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan model, validasi ahli dan revisi, uji coba perorangan (one to one) dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan revisi. Setelah produk direvisi sesuai saran dari seluruh responden, produk dianggap final dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 86,63% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Sedangkan, persentasi rata-rata keseluruhan angket berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 87,59% maka modul matematika diperoleh kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba perorangan (one to one), persentase ratarata keseluruhan angket sebesar 89,54% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 89,41% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 90,86% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran perbandingan kelas VII SMP.
This study attempts to develop module of mathematics for seventh grade students junior high school .Based on the analysis of the needs, module that will be developed is ratio by adopting scientific approach .Scientific approach is learning that is based on with the application of the scientific method which aims to to develop their knowledge and skills think students about material which is to be learned. Hence, there should have been the development of mathematical module on the subjects of ratio with the scientific approach for seventh grade students junior high school to achieve the purpose of learning mathematics. Methods used to research this is research and development. Procedure research development includes preliminary study, planning and development model, validation experts and revision, trial individual (one to one) and revision , the trial small group and revision, the trial large groups and revision. After the revised appropriate advice of all respondents , considered the final product and can be used in learning math. Based on the results of validation of the people of the matter and the language, the percentage of such as much as average for most people 86,63% so this module mathematics the very good. While, based on the results of a whole percentage of an individual average watchful such validation media experts as much as 87,59 % so module mathematics obtained category very good. Based on the results of the trial individuals (one to one), the percentage of such as much as average for most people 89,54 % so this module mathematics the very good. Based on the results of the trial clusters of small, the percentage of such as much as average for most people 89,41% so this module mathematics the very good. Based on the results of the trial a large group, the percentage of such as much as average for most people 90,86 % so this module mathematics the very good. Thus, it can be concluded that module mathematician who developed met requirements for use on learning ratio in seventh grade students junior high school.
SS00016410 | SK 16410 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain