Text
Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kerajinan tangan : penelitian action research di kelompok A TK Alam Rizkia, Cimpaen Tapos, Kota Depok, 2017
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN KERAJINAN TANGAN
DWI NURJANNAH
State University of Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kerajinan tangan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Alam Rizkia, Cimpaeun-Tapos, Depok. Subjek penelitian adalah siswa kelas A yang berjumlah 16 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan kegiatan kerajinan tangan menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I persentase keberhasilan siswa dalam kemampuan motorik halus mencapai 60,6% dan pada siklus II mencapai 83,82%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan kerajinan tangan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Alam Rizkia, Cimpaeun-Tapos, Depok. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa kegiatan kerajinan tangan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Anak dapat menggerakkan kekuatan otot tangan dan jari, mengkoordinasikan mata dan tangan, serta ketepatan dan keluwesan gerak jari tangan. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan. Kegiatan kerajinan tangan sangat efektif dan dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A.
Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Kerajinan Tangan
TM00005154 | TM 5154 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain