Text
Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui bermain angklung : penelitian tindakan di kelompok B PAUD Alfani Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor tahun ajaran 2016-2017
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses bermain angklung untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan a ndaakn khealosmil pkoekg iaBt adni
PAUD Alfani dan menganalisis apakah kegiatan bermain angklung dapat meningkatkan
pemahaman konsep bilangan anak di PAUD Alfani tahun 2017. Responden dalam penelitian
ini adalah 18 orang anak dari kelompok B PAUD Alfani tahun 2017. Metode Penelitian yang
digunakan adalah model penelitian tindakan spiral Kemmis & Taggart yang terdiri dari: (a)
perencanaan, (b) tindakan dan observasi, dan (c) refleksi. Instrumen yang digunakan
menggunakan pedoman observasi yang telah divaliasi dan teknik pengumpulan datanya
menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan
penilaian skala likert. Skor data pemahaman tentang konsep bilangan pada anak dianalisa
secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil data tersebut menunjukan bahwa pemahaman konsep
bpielannggaamna tpaand tain daankaakn m yeannign gteklaath ddailrai kpurkaasnik ltuesrh kaed aspi krleussp Io nddaenn sdikipluesro IleI.h B deartdaa sbaarhkwaan phaadsail
pra tindakan diperoleh rata-rata kelas sebesar 40,09%, dan pada siklus I menjadi 59,41% lalu
meningkat pada siklus II sebesar 85,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kegiatan
bermain angklung dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B
PAUD Alfani tahu 2017, (2) skor pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B PAUD
Alfani tahun 2017 meningkat dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.
Kata kunci : pemahaman konsep bilangan, bermain angklung, anak usia 5-6 tahun
TM00005153 | TM 5153 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain