Text
Pengembangan bahan ajar berupa buku suplemen matematika pada pokok bahasan lingkaran dengan pendekatan scientific untuk siswa SMP kelas VIII
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen matematika untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, pokok bahasan dalam buku suplemen yang dikembangkan adalah lingkaran dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian ini terdiri dari tahapan berikut: penelitian pendahuluan (berupa analisis kebutuhan), perancangan dan pengembangan produk awal, validasi ahli, kemudian menguji coba produk yang dihasilkan di lapangan kepada siswa dan guru secara perorangan, kepada siswa dalam kelompok kecil, dan uji coba siswa dalam kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa oleh tiga validator, persentase rata-rata skor untuk semua indikator materi dan bahasa yaitu sebesar 85.25% sehingga buku suplemen dikategorikan sangat baik. Buku suplemen yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013, cakupan materi lingkaran yang dibahas sesuai dengan konsep matematika, uraian atau pembahasan materi sesuai dengan asas pendekatan saintifik, dan bahasa yang digunakan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil validasi ahli media oleh tiga orang dosen UNJ menghasilkan perolehan persentase rata-rata skor untuk semua indikator sebesar 89.44%, sehingga kategori yang diperoleh sangat baik. Penyajian buku dan desain isi buku suplemen secara keseluruhan dinilai konsisten dan sudah proporsional sebagai media pembelajaran. Selanjutnya, pada tahap hasil uji coba lapangan terhadap guru dan siswa secara perorangan memperoleh masing-masing persentase rata-rata untuk semua indikator sebesar 86.46% dan 91.21%. Jika mengacu kriteria interpretasi skor, maka hasil uji coba tersebut dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 95.58% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, diperoleh persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar sebesar 87.12%, sehingga dikategorikan sangat baik. Siswa merasakan manfaat dan ketertarikan dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan buku suplemen ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku suplemen yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran.
This research is intended to develop mathematics supplement book for grade VIII JHS students. Based on the needs analysis, the subject matter in the supplement book developed is a circle by applying the scientific approach according to the current 2013 curriculum. The method used in this research is the method of research and. This research procedure consists of the following stages: preliminary research (analytical study), initial product design and development, expert validation, and field-based product trials to individual students and teachers, to the students in small groups, and student trials in large groups. Based on the results of the validation of material and language experts by three validators, the average percentage of scores for all material and language indicators is 85.25% so the supplement book is categorized very well. Supplementary book developed in accordance with the 2013 curriculum, a circular material shelf that corresponds to mathematical concepts, descriptions or discussion of the material in accordance with the scientific approach principle, and the language used in accordance with the Enlightened Spell (EYD) and Indonesian Language are good and true. Based on the results of validation of media experts by three lecturers UNJ with the percentage of indicators on average for all indicators of 89.44%, so that the category is very good. The presentation of books and design of the contents of the book as a whole and is proportional as a medium of learning. Furthermore, at the stage of field trials of teachers and students individually acquire the respective average percentage for all indicators of 86.46% and 91.21%. If the reference to the criterion of interpretation of the score, then the results of this trial are categorized very well. Based on the results of the field trials of small groups obtained the overall average percentage question form of 95.58% and categorized very well. Based on the results of large group trials, obtained the average percentage of the overall questionnaire of 87.12%, so categorized very well. Students enjoy the benefits and interest in carrying out learning using this supplement book. Thus, it can be concluded that the developed supplement book meets the eligibility to be used as a supporter of learning.
SS00016408 | SK 16408 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain