Text
Peningkatan kemampuan berbicara melalui storytelling dengan media boneka : penelitian tindakan pada kelompok A PAUD Sabrina di Kebon Kacang Jakarta Pusat 2017
RINGKASAN
Pengalaman pada masa awal pada anak usia dini tentunya akan mempengaruhi aspek-aspek dalam perkembangan anak. Salah satu aspek perkembangan masa usia dini adalah bahasa, khususnya kemampuan berbicara. anak belajar untuk berekspresi melalui ujaran dan kata-kata yang tepat dan jelas untuk mengekpresikan ide dan gagasannya.
Karena berbicara merupakan proses interaktif, tentunya anak membutuhkan kesempatan yang cukup untuk berinteraksi dalam aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan storytelling atau bercerita. Media yang menarik seperti boneka tongkat diharapkan akan memotivasi anak untuk berbicara dan mengeluarkan ide dan gagasannya
Berdasarkan obervasi awal ditemukan masih rendahnya kemapuan berbicara anak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik menggunakan media boneka untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Melalui metode penelitian tindakan Model Kemmis & Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dimana tindakan kegiatan bercerita di observasi langsung untuk melihat peningkatan kemampan berbicara anak di Kelompok A PAUD SABRINA, Kebon Kacang, Jakarta Pusat.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan storytelling dengan media boneka tongkat. Kegiatan penerapan storytelling dengan media boneka tongkat dilakukan dalam dua siklus dengan 24 kali tindakan yang terdiri dari kegiatan awal untuk membangun apersepsi anak, kegiatan inti yaitu kegiatan storytelling dengan media boneka tongkat dan kegiatan penutup yaitu merecalling kegiatan yang sudah dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari pra siklus yang menunjukkan nilai rata-rata anak adalah 29 ada pada kategori mulai berkembang (MB) kemudian pada siklus I meningkat menjadi 38,63 ada pada kategori mulai berkembang (MB) dan pada siklus II menjadi 49 ada pada kategori berkembang sangat baik (BSH).
TM00005152 | TM 5152 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain