Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII-F SMP Negeri 74 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) di kelas VIII-F dengan pokok bahasan SPLDV. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan lima indikator kemampuan pemahaman konsep matematika, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifatsifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Setiap siklus kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran MMP. Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, dua siswa yang memiliki kemampuan akademik sedang, dan dua siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika yang dialami oleh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 74 Jakarta setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran MMP. Pernyataan tersebut didasari dari hasil yang didapatkan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-F pada siklus I adalah 76, pada siklus II meningkat menjadi 76,43, dan pada siklus III meningkat menjadi 87,29. Kemudian pada siklus I hanya 60% siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat menjadi 87,88% siswa, dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 97,14%. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).
This study is aimed to improve the ability of students’ mathematics concept comprehension through the applied model of Missouri Mathematics Project (MMP) learning model in class VIII-F on the subject matter of SPLDV. In this study, the researcher used five indicators of the ability of mathematics concept comprehension; stating the concept, classifying the objects based on their characteristics in line with the concept, providing the examples which are not coming from a concept, using, making use, and selecting certain procedures, and applying the concept of problem solving of algorithm. This study is kind of Penelitian Tindakan Kelas (PTK) that is used in three cycles. Every cycle is contained on four steps; planning, doing, analyzing, and reflecting. In every learning activity cycle, it used MMP learning model. There are six participants in this study; two students who have high education ability, two students who have mid education ability, two students who have low education ability. The techniques used in collecting the date are observation, test, and interview. The collected data is analyzed through descriptive with triangulation of the data. Based on the result and the discussion of this study, it can be concluded that there is an improvement on students’ mathematics concept comprehension in class VIII-F in SMP Negeri 74 Jakarta when the MMP learning model applied. It can be seen from the result of all cycles that the average score on students’ mathematics concept comprehension final test in class VIII-F are improving. In cycle 1 improves to 76, in cycle 2 improves to 76,43, and in cycle 3 improves to 87,29. In cycle one, 60% of students pass the Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), in cycle 2 87,88% of students pass the KKM, and in cyle 3 97,14% of students pass the KKM, Key words: Mathematics concept comprehension, Missouri Mathematics Project (MMP)
SS00016406 | SK 16406 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain