Text
Peningkatan pemahaman bentuk geometri melalui kegiatan geoboard : penelitian tindakan di kelompok B TK Al-Wafa, Sawangan, Kota Depok, 2017
PENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK GEOMETRIK MELALUI KEGIATAN GEOBOARD
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Al-Wafa, Sawangan, Kota Depok, 2017)
NUR AINI ZAIDA, MYRNAWATI C. HANDINI, & ASEP SUPENA
Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur. E-mail: ani.zaida@yahoo.com , supena2007@yahoo.com , myrnawati48@gmail.com
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses dan hasil penggunaan geoboard dalam meningkatkan pemahaman bentuk geometri pada anak-anak di kelompok B TK Islam Al-Wafa, Sawangan, Depok pada tahun 2017. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan Kemmis & Taggart yang terdiri dari: (a) perencanaan, (b) tindakan dan observasi, dan (c) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Skor data dari pemahaman anak terhadap bentuk geometri dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman anak terhadap bentuk geometri mengalami peningkatan setelah melalui pembelajaran dengan menggunkan geoboard. Skor pemahaman anak terhadap bentuk geometri tercatat sebesar 56,16% pada tahap Pra intervensi. Skor tersebut mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 66,33%, dan meningkat lagi menjadi pada akhir Siklus II sebesar 83,5% dengan hasil rata-rata pemahaman bentuk geometri termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan geoboard menjadi salah satu strategi kegiatan dalam meningkatkan pemahaman bentuk geometri di kelompok B TK Islam Al-Wafa, Sawangan, Depok pada tahun 2017.
Kata Kunci: Pemahaman geometri, geoboard, Anak Usia 5-6 tahun.
TM00005151 | TM 5151 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain