Text
Pengembangan program bimbingan karir pada tingkat Sekolah Dasar (SD)
PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)
(2018)
PENY MINGGAH ARYANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan program bimbingan karir bagi guru bimbingan dan konseling ataupun guru kelas di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang disesuaikan dengan pembelajaran tematik/tema. Penelitian ini didasari oleh hasil studi pendahuluan yang menggambarkan bahwa program pengenalan karir yang telah dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling ataupun guru kelas di tingkat Sekolah Dasar (SD) belum diupayakan untuk mencapai tujuan karir yang sesuai dengan teori perkembangan karir untuk anak Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan lima tahap yang telah ditetapkan oleh Borg & Gall (Sugiono, 2015) meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan model hipotetik, (4) penelaahan model hipotetik, dan (5) revisi. Penelaahan model bimbingan karir melibatkan dosen ahli di bidang Bimbingan dan Konseling serta Guru Sekolah Dasar (SD) di wilayah Bekasi. Berdasarkan penelaahan ahli maka program dianggap sangat layak untuk digunakan karena memiliki komponen pendahuluan yang dapat menjelaskan makna dan arah bimbingan karir yang akan dilaksanakan serta elemen program yang dapat menunjukan harapan yang ingin dicapai. Aktivitas bimbingan berisi materi, kegiatan, metode, media, waktu, prosedur kegiatan dan metode penilaian yang telah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Program ini juga memiliki format pendukung yang dapat membantu kegiatan administrasi guru pelaksana bimbingan karir.
Kata kunci: Pengembangan Program, Bimbingan Karir, Sekolah Dasar
TM00005169 | TM 5169 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain