Text
Pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika di MTs Swasta Kecamatan Curug
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DI MTs KECAMATAN CURUG KABUPATEN TANGERANG
Berti Mandala Putra
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Guided Discovery untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs swasta Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Albarkah Curug dan MTs Almuawanah Curug yang masing-masing berjumlah 46 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) peningkatan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Guided Discovery lebih tinggi daripada konvensional; (2) terdapat hubungan interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap pemecahan masalah matematis; (3) terdapat perbedaan peningkatan pemecahan masalah matematis siswa yang KAM tinggi; (4) tidak terdapat peningkatan pemecahan masalah matematis siswa yang KAM rendah; (5) peningkatan self efficacy matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Guided Discovery lebih tinggi daripada konvensional; (6) terdapat hubungan interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap self-efficacy matematis siswa; (7) terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy matematis siswa yang KAM tinggi; (8) tidak terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy matematis siswa yang KAM rendah.
Kata kunci: Guided Discovery Learning, Self-efficacy, Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Awal Matematika
TM00005160 | TM 5160 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain