Text
Pengaruh model pembelajaran M-Apos terhadap kemampuan pemahaman konsep dan beliefs matematis : ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa di SMP Negeri Kecamatan Pesanggrahan
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN M-APOS
TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BELIEFS
MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA
SISWA DI SMP NEGERI JAKARTA SELATAN
HENI WULANDARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran M-APOS dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa dan beliefs matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal
matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 110 Jakarta Selatan
pada tahun 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 110
Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan signifikan pada
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat
perlakuan model pembelajaran M-APOS dengan siswa yang mendapat perlakuan
model pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi yang signifikan antara
model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis; (3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman
konsep matematis pada siswa yang memiliki KAM tinggi yang mendapat
perlakuan dengan model pembelajaran M-APOS; (4) terdapat perbedaan
signifikan pada peningkatan beliefs matematis siswa yang mendapat perlakuan
model pembelajaran M-APOS dengan siswa yang mendapat perlakuan model
pembelajaran konvensional; (5) terdapat interaksi yang signifikan antara model
pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap beliefs matematis siswa;
(6) terdapat perbedaan beliefs matematis siswa yang mempunyai kemampuan
awal tinggi yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran M-APOS.
Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, beliefs matematis siswa, model
pembelajaran M-APOS, kemampuan awal matematika.
TM00005157 | TM 5157 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain